Senin, 13 Agustus 2012

Si Unyil - Tetap Melegenda



Si Unyil adalah tokoh boneka yang rajin menyapa anak-anak Indonesia melalui TVRI setiap hari Minggu siang sejak tahun 1981 sampai 1993.Ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak bernama di Unyil dengan segala petualangan dan suka dan dukanya. Karena memang ditujukan untuk anak-anak maka film ini pun tidak lupa untuk disisipi dengan berbagai pesan-pesan moral maupun unsur pendidikan. Kata "Unyil" berasal dari "mungil" yang berarti "kecil".
Si Unyil yang digambarkan selalu tampil dengan mengenakan sarung dan memakai peci, telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia, dan banyak orang tidak dapat melupakan berbagai unsur seri ini, seperti karakter tokoh-tokohnya yaitu Pak Raden, Pak Ogah, Ableh, Kinoy, Ucrit, Usrok, Cuplis serta Meilan.
Ini tontonan wajib anak-anak Indonesia setiap jam 9 pagi di hari minggu. Unyil, Ucrit, Usrok, Cuplis dan kawan-kawan akan menghibur pemirsa dengan di awali hom pim pa …… unyil kucing……. (unyil kucing ya……..)
Walaupun Unyil di format untuk memberikan informasi sebagai corong pemerintah, tapi tetap menghibur kok, dan ditunggu-tunggu kehadiranya.
Lain lagi pak Raden, boneka berkumis yang kerjaanya marah-marah karena pohon jambunya sering dicuri, Mbok Bariah penjual rujak yang kalo ngomong cempreng banget…….atau juga ada pak ogah yang selalu minta cepe’ dulu………

Di tahun 2000-an film ini sempat ditayangkan kembali di televisi swasta TPI dengan diberi sentuhan-sentuhan modern, namun rupanya kehadiran berbagai tokoh idola anak-anak dari luar negeri seperti Doraemon, Sinchan yang kadung lekat dengan anak-anak di era milenium, membuat Si Unyil kurang mendapatkan sambutan. Unyil buah produksi PPFN pun kemudian hilang dan tidak diketahui rimbanya. Saat ini boneka-boneka si Unyil telah menjadi koleksi Museum Wayang di Jakarta.
Memang sih sempat diangkat kembali di layer RCTI dengan format baru. Bonekanya juga baru dan bukan terbuat dari kayu, tapi Unyil format baru justru tidak menarik, entah kenapa memang tidak menarik sama sekali, entah karena gayanya yang sudah berubah, atau karena jalan ceritanya yang memang juga berubah.
Dari RCTI unyil kemudian habis deh masa tayangnya, dan sekarang Unyil hadir di Trans 7 dengan judul Laptop si Unyil. Kalau laptop si unyil sih gak ada teman-teman unyil,  paling hanya beberapa sesion menampilkan sosok pak Raden, Pak Ogah dan Melani jadi gak ada unyil kucing lagi……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar